Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan Windows 8.1 Tablet Anda

Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan Windows 8.1

Tablet Anda Bagi anda yang memiliki tablet Windows dengan internal storage cuma 16 GB tentu saja akan merasa frustasi dengan masalah storage yang benar-benar menyiksa. Hal yang paling melegakan untungnya masih memiliki external storage menggunakan Micro SD walaupun maksimalnya cuma 32GB. Yah, walaupun begitu, itu sudah cukup, tinggal bagaimana kita pintar-pintar menyimpan file-file yang penting dengan menggunakan media penyimpanan yang lain seperti FlashDisk atau harddisk external. Cara yang saya lakukan mungkin tidak semua melakukannya karena tingkat kesulitannya lumayan dan mungkin berbahaya untuk anda, makanya hati-hati melakukan hal dibawah ini yaa!!

Pindahkan Recovery Partition 

Windows 8.1 bawaannya memiliki recovery partition. Jika tablet anda ingin di reset atau instal ulang, Windows akan menginstal langsung dari recovery partition. Enak kan, jika ada masalah pada tablet, tinggal instal ulang, beres! Resikonya data anda bisa saja hilang, maka backup dulu sebelum melakukan hal ini. Nah, pemasalahan sebenarnya tuh, ukuran filenya bisa membengkak untuk image recovery partition-nya sekitar 6 GB. Anda bisa menghilangkannya dengan cara aman, yaitu, pindahkan ke USB drive, jadi, kapan anda butuh reset atau instal ulang, anda tinggal load dari USB drive anda. Untuk dapat melakukan hal ini, caranya, tekan tombol Windows key dan ketik “recovery drive” untuk menampilkan pencarian. Buka Create a recovery drive dan jangan lupa ceklis Copy the recovery partition from the PC to the recovery drive. Lanjutkan hingga proses copy file berjalan, setelah semuanya selesai, ada pilihan untuk menghapus recovery partition dari tablet anda, silahkan dihapus.

Tambahkan Micro SD Card atau USB Drive 

Yang pastinya hampir semua tablet memiliki slot Micro SD. Anda bisa menambahkan Micro SD dengan ukuran yang anda fikir sudah mencukupi, saya pilih 32GB, karena maksimal yang bisa ditambahkan dan terdeteksi di tablet saya hanya segitu. Harga pun menjadi perhitungan yang sedikit mengganggu, untungnya makin hari harga Micro SD sudah semakin terjangkau. Secara default Windows App diinstal di internal storage, tapi sebetulnya ada cara agar Windows App diinstal di SD Card, tapi sayangnya Microsoft sudah menghapus fitur ini di Windows 8.1, jadi mau tidak mau Windows App harus diinstal di internal storage, jadi pintar-pintar pilih aplikasi biar internal storagenya tidak penuh yaa. Untungnya anda masih bisa menyimpan file-file yang lain ke dalam SD Card. Seperti Default My Document bisa anda pindahkan ke SD Card untuk menghemat ruang di internal storage.

Gunakan Micro SD Card Sebagai Default Lokasi Penyimpanan 

Windows 8.1 benar-benar bisa dikostumasi untuk default lokasi penyimpanan. Dengan fitur ini, anda bisa menghemat banyak ruang dengan menyimpannya di SD Card anda. Kalo mau, anda juga bisa memindahkan library anda ke SD Card. Caranya, Buka PC Setting pilih PC and Devices > Devices. Klik Set Up button dibawah Default Save Locations untuk mengganti loaksi default ke removable drive. Move OneDrive to a Micro SD Card Satu lagi bila anda menggunakan One Drive, penyimpanan Cloud untuk windows. Caranya, Buka Windows Explorer, klik kanan OneDrive folder di File Explorer, pilih Properties, dan pilih tab Location. Disini anda bisa ganti defaultnya ke drive D atau SD Card anda. Sehingga anda bisa melegakan kapasitas penyimpanan internal anda. Namun ada yang harus anda ketahui bahwa OneDrive menyimpan file on demand, artinya file ini tidak akan otomatis disimpan ke tablet anda secara default. Anda bisa menyimpan file-file yang disinkronisasi dari internal storage anda, pilih yang benar-benar digunakan untuk menghindari kekurangan kapasitas penyimpan lokal anda.

Gunakan Tool Disk Space 

Lagi-lagi hal ini paling sering dilakukan oleh pengguna secara umum, Windows 8.1 sudah mengupdate Disk Space di PC Setting, sehiungga pengguna windows bisa melihat dengan mudah aplikasi mana yang menghabiskan internal storage mereka masing-masing. Disini sudah kelihatan mana yang bisa anda hapus dengan mudah ukuran filenya juga sudah kelihatan, tinggal anda pilih-pilih saja mana yang ingin anda hapus. Langkahnya, buka PC Setting > PC and devices > Disk space untuk mengakses tool ini.

Menambah Ruang Penyimpanan di Windows

Windows 8.1 tablet sebetulnya sama saja seperti Windows PC, jadi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WindirStat, Folder Size, Space Sniffer, Treesize Free, dan lainnya anda bisa dengan mudah mengetahui kapasitas internal dan external storage anda. File-file mana yang menghabiskan storage anda, dan dengan mudah anda mengetahuinya, sehingga anda bisa menghapusnya dari internal storage atau external storage anda.

Comments

Popular Posts